Fun Run dan Pelantikan Pengurus IKA Unhas Wilayah Sulawesi Barat

featured_image

Setelah kembali terpilih sebagai Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin Wilayah Sulawesi Barat pada kegiatan Musyawarah Wilayah II (27 Mei 2023) di Majene lalu, Dr. Muhammad Idris, M.Si., akhirnya resmi dilantik. Pelantikan pengurus untuk periode 2023-2027 ini, dilaksanakan di Graha Sandeq Kompleks Kantor Gubernur Sulbar pada 18 Februari 2024.

Direktur Direktorat Hubungan Alumni Universitas Hasanuddin—Dr. Andi Muhammad Akhmar, S.S., M. Hum., bersama Kepala Subdirektorat Data dan Jejaring Alumni—Hidayatullah Yunus, S.S., M.TESOL., secara langsung menghadiri kegiatan ini. Andi Akhmar menyampaikan pentingnya untuk bisa mengkonsolidasikan alumni Unhas di Sulbar dalam rangka membangun jejaring alumni.

“Salah satu bukti Universitas yang kuat, kalau jejaring alumninya juga kuat. Mengapa jejaring alumni yang kuat? Karena di sini kekuatan untuk membranding, memperkenalkan kinerja, dan membangun hubungan pekerjaan, hubungan sosial, dan hubungan kemanusian”, jelasnya.

Setelah dilantik oleh Sekertaris Jenderal Pengurus Pusat IKA Universitas Hasanuddin—Prof. Dr. Ir. Yusran Jusuf, M.Si—Muhammad Idris bersama Pengurus IKA Universitas Hasanuddin Wilayah Sulawesi Barat lainnya menyampaikan komitmen untuk terus menjaga jalinan solidaritas IKA Unhas. Muhammad Idris menekankan pentingnya mengkoordinasikan alumni di setiap Kabupaten dengan terus menjaga komunikasi secara intens.

“Koordinasinya adalah kegiatan bersama, yang paling penting itu bagaimana alumni menyatu sebab mengumpulkan mereka bukan hal yang mudah. Harus ada komitmen dari pengurus untuk bisa membangun kesatuan informasi dan sekarang sudah tidak terlalu sulit sebab telah terfasilitasi oleh IT”.

Di samping itu, beliau menambahkan bahwa melakukan aktivitas bersama adalah hal yang paling penting. Dalam hal ini, IKA Unhas Sulbar berkomitmen melakukan aktivitas bersama setidaknya satu bulan sekali untuk menjaga spirit organisasi. Hal ini ditunjukkan dengan acara pelantikan yang dirangkai dengan kegiatan bersama yakni Fun Run 5k dan 10k, sunatan massal, pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan sehari sebelum pelantikan.